Urutan Tingkatan OS Android

Urutan Tingkatan Android

Urutan Tingkatan OS Android



Penjelasan Urutan Tingkatan versi OS Android Terbaik Dari Terendah Sampai Tertinggi terbaru dan terbaik.
Versi Android kebanyakan menggunakan nama-nama makanan untuk setiap versi OS Android.
Google memberikan nama android dengan menggunakan nama-nama makanan ini tidak sembarang karena nama-nama versi android urut dari alphabet, dan huruf C merupakan huruf tingkat android terendah atau paling awal. Untuk menutup bug android di versi android sebelumnya atau akan memberikan fitur baru android maka akan ada update versi android yang baru.
Nah kalian penasaran versi tingkatan versi OS Android dan berikut ini urutannya :

Android v1.0 Astro (Alpha)


Versi ini awalnya memiliki dua nama yaitu Android Alpha dan Android Bet. Karena versi ini sendiri nama Astro tidak digunakan karena ada sebuah alasan hak cipta (trademark), maka nama android ini tidak jadi di gunakan. Pada versi ini belum ada ponsel android yang di jual dengan cara komersil.

Android v1.1 Bender (Beta)


Versi Android Bender (Beta) dirilis pada tanggal 5 November 2016. Versi ini merupakan lanjutan dari Android Astro (Alpha). Lagi-lagi alasan hak cipta (trademark), nama android ini tidak jadi digunakan. Pada versi ini lahirlah ponsel seluler pertama bersistem android yang dijual dengan cara komersil, Yaitu HTC Dream.

Android v1.5 Cupcake


Android Cupcake ini nama android pertama yang menggunakan nama makanan dan dirilis pada tanggal 30 April 2009.

Android v1.6 Donut


Belum ada setahuan setelah rilisnya Android Cupcake, android Donut rilis tepatnya pada tanggal 15 September 2009. Pada versi ini ada penutupan bug versi sebelumnya dihadirkan untuk menutupi bug pada versi sebelumnya dan ada penambahan beberapa fitur yaitu dukungan layar yang lebih besar untuk perangkat.

Android v2.0 – 2.1 Eclair


Versi Android ini rilis belum ada setahun setelah dua versi sebelumnya pada tanggal 26 Oktober 2009. Untuk menutup bug yang ada dan penambahan beberapa fitur seperti flash pada kamera, Bluetooth, multi-touch, live wallpaper, fitur digital zoom pada kamera dan lainnya. Seri Nexus dari Google muncul perangkat pertama kali adalah HTC Nexus One dan menggunakan OS android versi Eclair.

Android v2.2 Frozen Yoghurt (Froyo)


Android Frozen Yoghurt rilis pada tanggal 20 Mei 2010. Semakin banyak ponsel dengan OS Android dan kehadirannya mulai dilirik oleh dipasaran walaupun masih jauh dibawah kepopuleran ponsel dengan OS lain. Yaitu OS Windows Mobile dan Symbian.

Android v2.3 Gingerbread


Android Gingerbread rilis pada tanggal 6 Desember 2010 dan hadir bersamaan dengan Nexus S yang merupakan ponsel smartphone dari seri Nexus yang diproduksi oleh Samsung. Versi android ini adalah awal kesuksesan Android walaupun masih kalah populer dengan BlackBerry OS serta banyak vendor yang mulai serius untuk membuat Ponsel Beroperating System Gingerbread.
Pada waktu itu Samsung Galaxy series berberan besar dalam kesuksesan OS Android dengan melakukan promosi yang luar biasa gencarnya sehingga membuat orang mulai mengenal sistem operasi Android. Bahkan sebagian banyak orang menganggap OS Android milik Samsung dan diwaktu ini juga Samsung mulai bersaing di dunia smartphone.

Android v3.0 – 3.2 Honeycomb


rilis pada tanggal 10 Mei 2011. Versi ini khusus dirancang untuk perangkat tablet, dan mulai populer berkat Samsung dan Apple iPad yang populer.

Android v4.0 Ice Cream Sandwich


Android Ice Cream Sandwich rilis pada 16 Desember 2011. Bisa dibilang merupakan Android Honeycomb yang disempurnakan, dan dioptimalkan untuk penggunaan baik smartphone maupun tablet. Perubahan yang paling terlihat dari versi ini dibanding dengan versi sebelumnya adalah dari segi User interfaceyang nampak lebih bersih dan elegan. Pada versi ini ada pengoptimalan multitasking. Bersamaan pada saat Galaxy Nexus smartphone yang dibuat oleh Samsung dan diperkenalkan oleh juga oleh Google. Setelah ini Google selalu rutin memperkenalkan seri Nexus disetiap ada versi Android terbaru.

Android v4.1 – 4.3 Jelly Bean


Android Jelly Bean rilis pada 9 Juli 2012. Bersamaan dengan diperkenalkannya versi OS 4.1 pada 27 Juni 2012, Nexus 7 yang diproduksi oleh ASUS diperkenalkan oleh Google. Di generasi 1 Nexus 7 merupakan seri Nexus pertama yang merupakan tablet. Pada versi ini mengalami 3x pembaruan atau update versi, yaitu versi 4.1, 4.2 sampai 4.3. Kemudian mereka memperkenalkan Android versi 4.2 dan dihadirkannya Nexus 4 secara bersamaan, smartphone yang dibuat oleh LG plus Nexus 10, dan tablet yang dibuat oleh Samsung.
Pada saat versi 4.3 dirilis, Google juga merilis Nexus 7 generasi 2 yang masih diproduksi oleh ASUS. Nexus 7 Generasi 2 memiliki peningkatan seperti penambahan kamera belakang dan dukungan konektivitas untuk layanan internet.

Android v4.4 Kitkat


Pada versi ini menggunakan nama kitkat. Kitkat merupakan nama sebuah produk Nestle yaitu cemilan wafer yang berlapis cokelat. Awalnya Android versi "K" disebut sebagai Key Lime Pie, setelah ada pertimbangan akhirnya Google memberi nama Kitkat. Katanya kitkat adalah cemilan yang menemani progammer Google. Karena karyawan Google tau versi Android K adalah Key Lime Pie jadi merka tidak tau tetapi mereka baru mengetahuinya setelah ada patung maskot Android Kitkat diletakkan di kantor pusat Google.
Versi ini diklaim lebih ramah terhadap perangkat dengan spesifikasi seadanya. Bahkan perangkat dengan RAM 512 MB masih bisa menjalankan OS versi ini dengan mulus. Berbeda dengan Jelly Bean yang minimal harus memiliki RAM diatas 756 MB agar dapat berjalan dengan mulus. Bersamaan dengan dirilisnya Android Kitkat pada tanggal 31 Oktober 2013, Google juga merilis Smartphone Nexus 5 yang diproduksi oleh LG.

Android v5.0 – 5.1 Lollipop


Android Lollipop rilis pada tanggal 15 Oktober 2014, versi OS ini mengusung perubahan besar dari segi UI yang nampak lebih flat dengan konsep material design. Versi Android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit sehingga sudah memungkinkan untuk penggunaan RAM diatas 3 GB pada hardware perangkat. Penggunaan prosesor 64-bit pun makin banyak diadopsi oleh para vendor, mulai dari penerapan pada perangkat flagship hingga perangkat kelas menengah kebawah.
Bersamaan dengan dirilisnya versi ini, Google juga memperkenalkan perangkat smartphone Nexus 6 yang diproduksi oleh Motorola, waktu itu Motorola masih menjadi milik Google. smartphone Android pertama yang sudah menggunakan RAM diatas 3 GB adalah ASUS Zenfone 2 yang sudah mengusung kapasitas RAM sampai dengan 4 GB.

Android v6.0 Marshmallow


Android Marshmallow resmi rilis pada bulan September tahun 2015. Bersamaan dengan waktu rilisnya Android Marshmallow, waktu ini Google memperkenalkan 2 smartphone Nexus dari 2 vendor berbeda dan tentunya menjadi pertama kali dalam pengenalan Nexus dengan dua vendor berbeda.
Nexus 5X adalah versi smartphone Nexus dengan ukuran layar 5.2 inch dan merupakan smartphone kelas menengah yang diproduksi LG. Sedangkan Nexus 6P merupakan ponsel yang memiliki ukuran layar lebar 5.7 inch.
Nexus 6P adalah smartphone flagship hasil kerjasama Google antara Huawei.

Android v7.0 Nougat


Android Nougat resmi diperkenalkan pada akhir bulan Juni 2016. Banyak netizen yang memprediksi bahwa dengan kemungkinan besar, pemberian nama “N” untuk versi android ini adalah Nutella. Dengan adanya kabar tersebut Google menipis kabar itu setelah resmi memperkenalkannya bersamaan dengan memamerkan patung icon Android yang berdiri diatas potongan Nougat (mirip dengan tempe).
Sebelum penamaan Android Nougat, Google telah mengundang para penggunanya untuk memberikan ide penamaan pada versi ini. Ada beberapa nama termasuk Nutella dan Nastar pun muncul, Google akhirnya memilih nama Nutella.
Baca Juga : Tips Membeli Hp Android Murah Dan Berkualitas

0 Response to "Urutan Tingkatan OS Android"

Post a Comment